Jumat, 29 Oktober 2010

Pembinaan Suara Hati, sarana pendidikan karakter



Sebagai kegiatan rutin setiap tahunnya, PSH atau pembinaan suara hati bagi kelas 9, tahun pelajaran ini dilaksanakan dari tanggal 19-21 Oktober 2010 bertempat di rumah retret Ar-yo Ampenan. Dengan didampingi beberapa guru sebagai pendamping, acara ini dikemas sedemikian rupa sehingga ada unsur bermain, kerjasama kelompok, renungan dan materi dari beberapa narasumber yang dihadirkan. Kegiatan ini sendiri mengambil tema : MENDENGAR SUARA HATI

Acara ini dibagi dalam 2 gelombang, yaitu gelombang I untuk kelas 9A dan 9B, gelombang II untuk kelas 9C dan 9D. Acara pembinaan diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh Bpk. M. Wayan Karyawan mewakili Kepala sekolah yang berhalangan hadir. "Kami mengharapkan semoga kegiatan yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari ini, dapat diikuti dengan baik sehingga memiliki pengaruh pada perkembangan kepribadian kita" demikian di tegaskannya.

Dalam kesempatan ini, hadir sebagai narasumber utama adalah Rm. Fransiskus S, SVD dan dr. Reny B, MPH. Dalam sessionnya, Rm. Frans begitu biasa beliau disapa, mengajak para siswa untuk belajar mendengar suara hati. "Suara hati sebagai penuntun hidup kita" begitu tegasnya.
Di bagian lain, dr. Reny, mengajak anak-anak untuk mengenal diri mereka sendiri lewat sessi Kesehatan Reproduksi Remaja. Remaja harus menghindari pergaulan bebas, kita harus menghargai tubuh kita, karna itu adalah anugerah Tuhan.
Selain 2 sessi utama dari para narasumber, anak-anak juga diajak untuk menuliskan kesalahan/dosa,kekurangan dan juga kelebihan serta cita-cita mereka. Dari Hasil tulisan mereka tersebut kemudian dibawa dalam renungan dan doa malam yang lambungkan dari masing-masing agama. hal yang tak kalah menarik adalah beberapa dinamika kelompok yang sengaja dibuat untuk lebih meningkatkan kerjasama antar anggota kelompok.
"Seru, asik, banyak manfaatnya untuk perkembangan kepribadian kita" demikian dikatakan Elisabeth dan Laras, siswi kelas 9B saat ditanya kesan mereka tentang kegiatan PSH. "Klo boleh diulang lagi" tambahnya.
semoga dengan kegiatan ini, benar-benar menjadi sarana pendidikan karakter. Siswa tidak hanya pandai dari segi intelektual, tetapi kepribadiannya juga berkembang.

1 komentar:

Tegar_AP12 mengatakan...

Mana angkatan 2011/2012 -_-

Mid Praktek Kelas 9 Semester Gasal 2016

Soal : 1. Sebutkan beberapa layanan yang ada di internet, kemudian jelaskan ! 2. Jelaskan cara pembuatan email Jawaban diketik di MS Wor...